Deskripsi Mata Kuliah:


Kewirausahaan adalah mata kuliah yang masuk dalam komponen mata kuliah Pengembangan Keterampilan (MPK) yang diharapkan dikuasai oleh setiap mahasiswa UIN Alaudin.

Mata kuliah ini membahas konsep dasar kewirausahaan sebagai disiplin ilmu tersendiri, Islam sebagai sumber motivasi dalam menumbuhkan minat akan kebutuhan berwirausaha, berwirausaha dimulai dari ide, membuat perencanaan usaha, dan langkah-langkah/proses kewirausahaan.

Dengan menguasai mata kuliah ini, mahasiswa memiliki bekal ketrampilan dasar  untuk membangun suatu usaha.

 

Tujuan Pembelajaran:

Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar kewirausahaan sebagai disiplin ilmu yang memiliki sikap positif dan minat terhadap profesi wirausaha, mampu mengaplikasikan konsep-konsep kewirausahaan dalam aktivitas peningkatan kualitas hidup.

 

 

Topik Pembahasan:

1.    Pendahuluan dan Kontrak Kuliah, dengan pokok bahasan : 1. Pengenalan 2. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) 3. Sistem Evaluasi 4. Aturan Main Kelas.

2.    Wirausaha dan Kewirausahaan, dengan pokok bahasan : 1. Perkembangan Teori dan Istilah Entrepreneur 2. Perbedaan Pendapat ttg Entreprenuer 3. Model Proses Kewirausahaan 4. Personal Attributes 5. Faktor Environmental.

3.    Mengenal Bisnis, dengan pokok bahasan : 1. Definisi Bisnis  2. Klasifikasi Bisnis 3. Tujuan Bisnis 4. Alasan Membuka Bisnis 5. Aktivitas Bisnis 6. Studi-studi tentang Bisnis dan Kriteria yang Digunakan.

4.    Kewirausahaan dalam Perspektif Islam, dengan pokok bahasan : 1. Motif Berwirausaha  2. Perilaku dalam Ajaran Islam  3. Berdagang adalah Ibadah  4. Perintah Kerja Keras  5. Perintah Berusaha.

5.    Kewirausahaan Sebagai Disiplin Ilmu, dengan pokok bahasan : 1. Entrepreneur are not born, they develop  2. Bisakah Kewirausahaan diajarkan  3. Manfaat Wirausaha  4. Keuntungan dan Kelemahan menjadi Wirausaha  5. Peran Wirausaha dlm mencari kombinasi-kombinasi baru  6. Faktor kritis untuk memulai Usaha baru

6.    Sifat-sifat yang perlu Dimiliki Wirausaha, dengan pokok bahasan : 1. Ciri-ciri  wirausaha 2. Identitas Wirausahawan  3. Kreativitas dan Inovasi 4. Ciri kemampuan berpikir kreatif 5. Konsep  10 D Wirausaha (Bygrave) 6. Skala Mengukur Minat Wirausaha.

7.    Kepribadian Wirausaha, dengan pokok bahasan : 1. Pengertian Kepribadian 2. Kepribadian yang Produktif 3. Ciri-ciri Pribadi yang Tidak Produktif 4. Temperamen dan Watak Wirausaha.

8.    Ujian Tengah Semester: 1. Perbedaan Wirausaha, Kewirausahaan dan Bisnis 2. Kewirausaahaan dalam Perspektif Islam 3. Mengapa Kewirausahaan dipelajari 4. Sifat-sifat yang dimiliki seorang Wirausaha 5. Perbedaan Watak dan Temperamen

9.    Eksploitasi Rasa Bawah Sadar, dengan pokok bahasan : 1. Pengertian Rasa Bawah Sadar 2. Faktor-Faktor Pendorong Rasa Bawah Sadar 3. Beberapa Konsep Rasa Bawah Sadar 4. Kasus

10. Motivasi dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha, dengan pokok bahasan : 1. Teori Motivasi 2. Jenis2 Motivasi 3. Motivasi dalam Perspektif Islam 4. Produktivitas Usaha.

11. Kepemimpinan, dengan pokok bahasan : 1. Pengertian Kepemimpinan 2. Kepemimpinan dalam Perspektif Islam 3. Pendekatan Kepemimpinan 4. Sifat dan Tipe2 Kepemimpinan.

12. Menjual, Kegiatan Dasar Wirausaha, dengan pokok bahasan : 1. Teori Menjual 2. Obyek ilmu Menjual 3. Prinsip The Customer is King 4. Tipe Pembeli.

13. Langkah Menuju Wirausaha Sukses, dengan pokok bahasan : 1. Motivasi berwirausaha 2. Tokoh-tokoh wirausaha yg Sukses 3. Penyebab banyak orang gagal 4. Jenis-jenis Peluang Usaha.

14. Mengenal Bisnis, dengan pokok bahasan : 1. Definisi Bisnis 2. Klasifikasi Bisnis 3. Kelayakan Bisnis 4. Tujuan Bisnis 5. Aktivitas Bisnis 6. Kriteria Keberhasilan Bisnis.

15. Melirik Peluang Usaha, dengan pokok bahasan : 1. Nama/merek perusahaan 2. Lokasi perusahaan 3. Komoditi/bidang usaha yang akan digeluti 4. Konsumen yang dituju 5. Pasar yang akan dimasuki 6. Pilihan partner kerjasama 7. Personil pengelola 8. Jumlah modal 9. Peralatan perusahaan 10. Penyebaran promosi.

Ujian Akhir Semester

Kode Semester: 20192
Nama Semester: Genap 2019